1

Self Awareness: Bagaimana Tips Membangun Pondasi Kecerdasan Emosional (EQ) Ini?

Definisi:

Self Awareness adalah kemampuan kita untuk menyadari dan memahami tentang diri kita sendiri. Area ini juga mencakup kemampuan kita menyadari soal kelebihan dan kekurangan pada diri kita. Termasuk disini adalah kemampuan kita menyadari bagaimana pikiran kita saat ini, serta perasaan yang kita rasakan.

Mengapa Penting?

• Orang yang tidak sadar dirinya, seringkali tidak bisa pula menguasai dirinya. Alasannya, sadar aja nggak, bagaimana ia bisa menguasainya?

• Orang yang lemah kesadaran dirinya seringkali tidak tahu bagaimana orang memandang dirinya. Akibatnya bisa jadi ia terus melakukan hal yang menggangu tapi, tidak peka sama sekali soal bagaimana perasaan orang lain terhadapnya.

• Orang yang self awarenessnya rendah bisa jadi nggak melihat kelebihan dan kemampuan dirinya, jadi cenderung minder.

• Sebaliknya, ketika seseorang memiliki self awareness yang tinggi, daya refleksinya bagus. Banyak pimpinan yang hebat, motivator yang ulung dan manusia yang inspiratif punya self awareness yang bagus. Ia mampu menjadikan refleksi dirinya sebagai sumber inspirasi buat orang lain.

Komponen Yang Penting Dipahami:

• Self Knowledge (Pengetahuan Diri). Bagian ini terkait dengan bagaimana dia memahami soal dirinya sendiri. Termasuk disini bagaimana dia memahami kekuatan dan kelemahan yang dia miliki. Kadang self knowledge bisa diperoleh dengan cara melakukan refleksi diri. Bisa juga dengan menggunakan berbagai tool assesment.

• Brain & Emotion Knowledge (Pengetahuan soal pikiran dan emosi). Pengetahuan ini terkait dengan bidang pembelajaran soal otak, pikiran serta seluk beluknya terkait dengan ilmu neuroscience dan psikologi. Semakin memahami soal cara kerja otak, serta proses emosi yang terjadi, semakin kita sadar bagaimana pemicunya, prosesnya sekaligus bagaimana cara mengintervensinya.

• Mindfulness. Bagian ini menyangkut kesadaran untuk betul-betul hidup kini dan disini (here and now). Sadar dengan apa yang betul-betul terjadi di sekeliling kita saat ini, juga situasi diri di saat sekarang. Mindfulness banyak dikaitkan sebagai kunci kebahagiaan, fokus dan produktivitas.

• Open for Feedback. Untuk memiliki self awareness yamg bagus kadang dibutuhkan berbagai masukan. Masukan ini berguna buat memahami dan mengembangkan sisi yang perlu dibenahi pada diri kita.

• Patten Recognition. Sikap, perilaku dan kebiasaan seseorang umumnya merupakan suatu pola yang jelas. Karena itu seseorang sangat penting buat menyadari pola-pola yang seringkali dilakukannya secara berulang-ulang. Kesadaran akan pola ini adalah bagian penting untuk perubahan.

• Self Esteem. Kesadaran diri bisa berujung dengan menyalahkan ataupun menjadi semakin minder. Apalagi kalau cuma melihat sisi negatifnya saja. Makanya, sangat penting kalau self awareness juga diikuti dengan rasa percaya diri serta penghargaaan pada diri sendiri.

Pertanyaan Refleksi Buat Menguji Apakah Self Awareness Kita Bagus?

1. Apakah Anda seringkali sadar dengan situasi dan gejolak apa yang sedang Anda alami saat ini?

2. Apakah Anda bisa menyebutkan emosi apa yang Anda alami saat ini dengan akurat?

3. Apakah Anda tahu apa yang Anda rasakan serta apa yang memicu perasaan tersebut?

4. Apakah Anda tahu soal kekurangan dan kelemahana pada diri Anda yang perlu Anda kembangkan?

5. Apakah Anda tahu soal kelebihan dan keunggulan yang Anda miliki dibandingkan orang lain?

6. Apakah Anda peka dan sadar bagaimana kira-kira orang akan menilai dan kesannya tentang Anda?

7. Apakah Anda sadar mengenai cara Anda berkata-kata dan bersikap selama ini?

8. Apakah Anda sadar mengenai apa yang menyebabkan pola bertindak Anda selama ini dan latar belakang pemicunya?

9. Apakah Anda yakin dan percaya dengan kemampuan Anda serta menampilkannya?

10. Apakah justru Anda orang yang terlalu peka dan terlalu sensitif sehingga jadi gampang tersinggung dan mudah memasukkan semuanya ke dalam hati Anda?

11.Apakah Anda orang yang terbuka dan positif dengan masukan kepada diri Anda, ataukah justru censerung berlebihan dan defensif saat dikasih masukan?

Berbagai Quote dan Inspirasi Terkait Self Awareness:

ABC= Awareness Before Change

Orang yang tidak menyadari tentang kehidupannya, tidak pantas untuk menjalaninya” (Socrates)

Kesadaran akan mendahului pilihan-pilihan dalam hidup. Dan pilihan-pilihan itulah yang mendahulu hasil kita” (Robin Sharma)

Dalam hidup ini, kalau kita tidak punya kesadaran diri yang baik, serta tanggung jawab dengan apa yang terjadi. Maka, itu artinya kita membiarkan orang lain dan lingkungan yang menentukan hidup kita” (Stephen Covey)

Tiap hari, tubuh kita berkomunikasi kepada diri kita secara jelas. Tapi, apakah kita mampu mendengarkannya?” (Shakti Gawain)

Saya rasa kesadaran diri yang baik adalah dasar untuk menjadi seorang juara” (Atlit tenis dunia Billie Kean King)

Lebih gampang menilai dan menghakimi orang lain daripada menilai dan menghakimi diri kita sendiri. Tapi kalau berhasil menilai diri kita secara tepat, maka kita akan menjadi manusia yang bijaksana

Hidup akan memberikan kepadamu sesuatu yang sesuai dengan kesadaranmu” (Eckhart Tolle)

Jadilah orang yang sadar, jangan menjadi seperti robot” (Bruce Lee)

Kesadaran diri tidak menghentikan kamu dari berbuat salah. Tapi membuat kamu mampu belajar dari kesalahan

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.