1

3 Alasan Mengapa Saya Suka Kata “ANTUSIAS”?

Antusias itu kata yang menarik. Mengapa?

Sebagai penulis dan pembicara, kata-kata itu penting. Banyak kalimat seperti luar biasa, dahsyat, super, keren, yang dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang positif. Kata-kata seperti itu penting dan bagus untuk menggambarkan mood positif. So, mari kita tambahkan perbendarahaan kata-kata positif itu. Agar dunia kita pun lebih positif!

Nah, di tahun 2002 sambil menulis buku saya yang pertama, “Emotional Quality Management”, saya terpikat kata “Antusias”.

Dan inilah yang membuat saya tergelitik. Kata ANTUSIASME punya akar kata dari bahasa Yunani, enthousiasmos, atau enthous yang oleh kamus vocabulary.com artinya “possed by God”. Sebenarnya sihh, di jaman dulu, kata ini punya makna negatif. Antusias bicara soal orang yang terlalu semangat dalam hal beribadah. Lantas, kata ini pun mengalami perubahan makna yang lebih positif. Maka, antusiasme bermakna “orang yang bersemangat dengan sesuatu (excited with something)”.

Nah, yang menarik kata ANTUSIASME adalah tertarik, bersemangat dengan sesuatu. Jadi, bukan hanya sekedar semangat, tapi ada alasannya.

Sampai disini, ada 2 makna positif dibalik kata Antusias!

Pertama, antusias memiliki makna, “digerakkan dan di semangati oleh Tuhan”. Saya senang makna ini. Sebab, ada alasan spiritual yang membuat kita bersemangat dan melakukan sesuatu. Spirit dari Tuhan.

Kedua, kita bersemangat (excited) karena ada alasannya. Ada tujuannya, ada penyebabnya. Saya teringat bukunya Rick Warren, “Purpose Driven Life”. Menurutnya, “Kita seharusnya semakin bersemangat dalam hidup ini sebab punya tujuan kekekalan yang jelas”. Itulah yang membuat kita antusias. Ada alasan, ada mimpi, ada cita-cita yang membuat kita Antusias!

Terakhir, dan ini yang juga membuat kata Antusias semakin menarik. Saya diingatkan oleh Ibu Magdalena Sukartono, seorang penulis, kolumnis, konsultan SDM terkemuka dari kota Yogya yang saya kagumi. Beliau mengingatkan, ANTUSIAS bukan hanya soal semangat tapi ANTUSIAS = SEMANGAT + GEMBIRA. Problemnya, banyak orang semangat tapi belum tentu gembira. Pernah melihat peserta pasukan gerak jalan yang berjalan dengan semangatnya? Pertanyaannya, apakah mereka gembira? Belum tentu!

Jadi, lain kali kita menggunakan kata Antusias. Mestinya selain berarti semangat, hati juga gembira. Sebab, ada spirit Tuhan yang luar biasa dalam diri Anda!

So, sudah ANTUSIASkah Anda hari ini?

Salam Antusias,

Anthony Dio Martin

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.