1

Aktifkan dan Optimalisasi GPS Sukses Anda !

Aktifkan dan Optimalisasi GPS Sukses Anda !

Lack of direction, not lack of time, is the problem. We all have twenty-four hour days.” – Zig Ziglar

Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan teknologi sedang berkembang dengan sangat pesatnya. Ada salah satu teknologi yang berkembang dan saat ini mulai banyak digunakan, salah satunya di Indonesia. Teknologi itu bernama Global Positioning System (GPS). Dengan adanya teknologi ini maka tentunya siapa pun tidak akan tersesat di perjalanan, bahkan saat ini pun beberapa jenis handphone sudah terdapat aplikasi GPS, dengan sebutan Navigator.

Saya secara pribadi jadi teringat dalam perjalanan beberapa waktu lalu di Australia. Dimana di beberapa mobil pun sudah dilengkapi dengan GPS. Wah, ternyata dengan adanya GPS ini sangatlah membantu sekali menjadi petunjuk perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan. Saat mau pergi ke suatu tempat tujuan, yang pertama harus dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu dimana posisi saat ini. Langkah berikutnya adalah haruslah menentukan kemana tujuan yang mau dituju. Secara otomatis dan dengan bantuan informasi dari satelit, maka akan diterima informasi rute perjalanan yang akan ditempuh.

Saat melakukan perjalanan, hebatnya GPS ini akan memberikan instruksi untuk belok ke kiri, belok ke kanan atau pun terus lurus ke depan, yang akan muncul di layar GPS. Hal ini tentu saja sangat membantu dan memanjakan, terlebih lagi orang yang sama sekali buta tentang suatu daerah tertentu. Jika menempuh jalan yang salah pun, maka GPS tersebut langsung mengaturkan rute baru yang akan menuju ke tempat tujuan dari posisi saat ini.

Hal ini sangat menarik. Apalagi saat saya secara pribadi menggunakan teknologi ini, saya jadi berpikir bahwa setiap orang pastilah memiliki GPS – GPS dalam hidup masing – masing yang telah Tuhan berikan untuk mencapai pertumbuhan optimal hidupnya. Pertanyaannya adalah apakah Anda sadar dan sudah menggunakan GPS tersebut?

Pada kesempatan kali ini, saya akan memperkenalkan apa yang disebut dengan GPS Sukses, dimana GPS ini merupakan kepanjangan dari Guided Performance System. Mari pelajari apa GPS Sukses itu. Ini merupakan sebuah sistem sederhana, dimana siapa pun yang melakukannya tentunya akan dapat memperoleh hasilnya.

4 Tahap Penting GPS

GPS untuk sukses Anda tersebut terdiri dari empat tahapan penting. Pertama, mengetahui dimana posisi Anda berada saat ini. Sama seperti cara kerja GPS, saat Anda mau mengaktifkan dan mengoptimalkan GPS sukses dalam kehidupan, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengidentifikasi dimana posisi sekarang Anda berada. Apakah Anda mau meningkatkan tingkat keuangan, hubungan, kerohanian, fisik, atau apa pun, haruslah saat ini pahami terlebih dahulu Anda sedang berada di posisi mana.

Yang menyedihkan adalah begitu banyak orang yang tidak menyadari dimana posisinya saat ini. Bahkan sampai – sampai tidak sadar dengan segala sesuatu yang dilakukannya. Orang – orang ini kecenderungannya berkata “Wah, tahun ini rasanya berjalan cepat sekali yach, benar – benar tidak terasa sudah di penghujung tahun”. Jadi, mari mulai dari kesadaran akan dimana posisi Anda saat ini!

Kedua, ketahui dan tentukan kemana tujuan Anda. Penulis dan pembicara motivasi Brian Tracy mengatakan dengan baiknya saat ia mengatakan, “The establishment of a clear,central purpose or goal in life is the starting point of all success.” Banyak juga orang yang sudah mengetahui dimana posisi mereka sekarang, tetapi mereka memiliki kebingungan mau bergerak ke arah mana. Sama seperti GPS, jika Anda tidak bisa menentukan kemana Anda akan bergerak, tentunya GPS tidak akan dapat mengirimkan informasi kepada satelit untuk mengolahnya menjadi rute perjalanan Anda. Karena itu, tentukanlah kemana tujuan hidup Anda saat ini, kemana akan bergerak, apa saja yang diinginkan dalam kehidupan jasmani, pengetahuan, rohani, sosial, dan keuangan Anda. Semakin spesifik dan detail tujuan, maka semakin bagus. Karena salah satu bahasa otak adalah bahasa gambar. Jika Anda bisa membayangkan dan menggambarkannya dalam pikiran Anda, ini akan menjadi kekuatan yang memberdayakan. Dalam workshop Kecerdasan Emosional yang saya pimpin, saya selalu mengatakan bahwa imajinasi merupakan salah satu faktor pendorong untuk pencapaian sukses.

Ketiga, lakukanlah tindakan yang mendukung yang semakin mengarahkan diri Anda ke tujuan. Saya jadi ingat ucapan dari W. Clement Stone, “I think there is something, more important than believing: Action! The world is full of dreamers, there aren’t enough who will move ahead and begin to take concrete steps to actualize their vision.”.Ya, sangatlah penting untuk mencapai sesuatu dalam kehidupan ini tentunya haruslah ada tindakan. Sama seperti GPS, jika Anda tidak melakukan tindakan, maka tentunya GPS tidak akan memberikan informasi lain sebelum Anda bergerak. Benar sekali seperti kata Clement Stone, bahwa dunia ini banyak sekali dipenuhi dengan pemimpi – pemimpi yang memiliki impian yang besar tapi tidak pernah mengambil tindakan untuk mencapai impiannya. Ini sama seperti Anda memegang GPS dan hanya berdiam saja sehingga tidak bergerak kemana – mana.

Jadi, sudahkah Anda bergerak mengambil tindakan untuk mencapai tujuan Anda? Buat strategi tindakan Anda dan mulailah bergerak mencapainya!

Keempat, terakhir, mengevaluasi dan memonitor setiap tindakan Anda. Seperti halnya GPS selalu mengevaluasi setiap pergerakan yang dilakukan, entah pergerakan itu makin mengarahkan ke tujuan atau tidak, GPS selalu memberikan rute yang makin mengarahkan menuju tujuan. Apakah setiap tindakan yang Anda lakukan, Anda melakukan evaluasi dan monitoring terhadap tindakan tersebut? Cobalah evaluasi dan monitoring setiap tindakan Anda supaya semakin mengarahkan menuju ke tujuan Anda!

Mari mulai saat ini aktivasikan dan optimalisasikan GPS sukses Anda dimulai dengan menyadari posisi Anda saat ini, ketahui kemana tujuan Anda, lakukan tindakan yang makin mengarahkan Anda menuju tujuan dan selalu evaluasi serta monitoring apakah hasil dari tindakan Anda mengarahkan dan membawa hasil menuju tujuan Anda. Oleh karena telah menyadarinya, maka mulai sekarang aktifkan dan optimalisasikan GPS Sukses untuk mewujudkan kehidupan yang Anda betul-betul dambakan! Salam Antusias!

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.