1

3 Pesan Pembelajaran Untuk Tahun 2018

1. Ramalan Yang Buruk, Siapkan Otot
Yang sulit adalah menyiapkan otot menghadapi hal buruk. Finansial, mental dan juga strategi. Tentara, berbeda manusia awam, dilatih untuk menghadapi skenario terburuk. So, pada saat hal buruk terjadi, siapakah yang paling siap? Tentu saja tentara yang telah terlatih. Makanya, Andy Groove, mantan bossnya Intel pernah bilang, “Only the paranoid survive” (yang agak parno justru yang paling bertahan). So, siapkan mentalmu.

2. Keep Learn Something New
Kehancuran datang pada mereka yang malas dan tidak mau belajar. Bukalah mata dan lihatlah bagaimana hal-hal baru terjadi, belajarlah beradaptasi. Sekarang ini teknologi bukan lagi berubah secara tahunan, tapi bulanan. Makin lama dan makin cepat, maka teruslah belajar dan jadikan tahun 2018 sebagai tahun dimana kamu belajar sesuatu yang baru.

3. Past Doesn’t Matter
Kamu sukses di masa lalu, tidak ada jaminan. Futurist Arthur Joel Barker bilang, “Your past doesn’t guarantee your success” (masa lalu tidak jaminan sukses masa depanmu). Sebaliknya, kalau gagal dan kurang berhasil, juga tidak jadi jaminan bahwa masa depanmu pasti buruk. Tetaplah bersemangat, miliki keyakinan dan teruslah membangun. Sering nonton film superhero, Justice League atau Avengers? Mereka-mereka adalah yang tetap percaya dengan kebaikan dan kebenaran yang akan menang. Sejahat apapun dan seburuk apapun situasinya. Dan mungkin banyak yang sudah berhenti berharap. Tapi, toh mereka tak menyerah. Justru itulah yang membuat mereka menang. So, jadilah superhero bagi hidupmu. Seburuk apapun, tetap percaya dan bangunlah kembali kehidupanmu.

SEMANGAT SIAP DIHANCURKAN 2018

Bukan Seberapa Kali Kamu Dihancurkan, Tapi Seberapa Kali Kamu Membangun Kembali!
(Pesan Menjelang Tahun 2018)

Apa yang akan terjadi di tahun 2018.
Mboh! Entahlah!
Banyak prediksi yang buruk soal tahun 2018.
Disruption. Ekonomi leisure, turunnya retail. Stagnasi Ekonomi?

Ada sedikit cerita soal kota Dresden. Salah satu kisah yang terkenal adalah Dreaden Bombing. Tahun 1945, kota Dresden hancur oleh nyaris 5ribu ton bom oleh Inggris dan Amerika. Sekitar 25ribu orang tewas. Dresden adalah kota yang dianggap vital untuk menyediakan berbagai perlengkapan perang bagi Jerman. Foto Dresden yang hancur amat memilukan. Bentuk balasan atas kekejaman Jerman. Sudah begitu, dimasa perpecahan Jerman Barat dan Jerman Timur, Dresden juga jadi kota yang semakin terpuruk. Tapi itu masa lalu!

Kalau kita lihat kembali, saat ini Dresden sudah kembali utuh. Dresden berganti baju. Kini, tetaplah memikat seperti masa kejayaannya dulu. Dulu, Dresden memiliki istana yang jadi inspirasi istananya Raja Louis XIV. Namanya istana Zwinger. Kini, salah satu pabrik Volkswagon yang disebut “pabrik transparan” juga ada di Dresden.

Sebagai mantan Jerman Timur, Dresden pertumbuhan ekonominya 3 kali lipat dari tahun 2005 hingga 2013 dan terus berlanjut. Lapangan kerja bertumbuh hingga 7 kali lipat. Menempatkan Dresden sebagai kota yang setara dengan Munich, Frankfurt dan Hamburg.
Ini dia datanya: Klik Disini

Jadi apa yang mau disampaikan disini?
Ekspektasilah bahwa kita akan mengalami kesulitan, tantangan ataupun masalah dalam perjalanan kita ke depan. Ini bukan bentuk pesimisme tapi antisipasi. Mungkin juga di tahun 2018 ini bakalan ada tantangan. Ada problem yang harus kita hadapi. Syukur-syukur yang terjadi justru yang sebaliknya.

Tapi, bukan kehancuran atau masalah yang menyedihkan. Yang menyedihkan adalah ketika kita punya masalah, lantas kita meratap, bersedih dan tidak sanggup untuk bangkit kembali. Kita membiarkan diri kita terpuruk dalam puing-puing kehancuran kita. Kita mengasihani diri atau minta belas kasihan orang.

Tahun 2018 akan ada masalah? Who cares!
Yang penting, apapun problem dan masalahnya bersiaplah bahwa kita akan selalu berusaha bangkit dan berdiri tegak kembali.

Saya mendoakan buat Anda (dan juga kita). Apapun masalah dan problem yang alan kita alami, kita masih akan tetap tegak berdiri kembali. Ibarat seperti kota Dresden ini yang dibangun kembali dengan indahnya setelah hamcur lebur oleh tentara sekutu.

Jadi, ketika kamu dihancurkan 10 kali, miliki energi untuk berdiri lagi 11 kali!

Selamat Menyambut 2018 dengan Otot Lebih Bersemangat!

Salam Antusias,

Anthony Dio Martin

 

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.