1

Jangan Terlalu Terpana Dengan CV & Kemampuan Berkata-kata Saja!

Mendengarkan kata-kata saja, bisa bahaya! Ini sebuah kisah masa lalu yang jadi pelajaran.

Waktu itu saya butuh seorang IT programmer yang bisa kemampuan SQL. Dan dari beberapa yang melamar, ada beberapa yang saya interview. Salah satunya, manajemen suka CV dan hasil wawancaranya. Dia seorang anak muda yang begitu meyakinkan. Ia percaya dan dia menyatakan berbagai proyek IT yang dia kerjakan. Tetapi, kalau sudah menyangkut skills, sudah tidak bisa lagi hanya sekedar omongan. Meskipun waktu itu, belum ada SOP yang menyatakan harus tes skillsnya, saya menuntut IT skills ini harus dites. Manajemen bilang kan bisa diterminate kalau nggak mampu.

Well. Waktu itu, memang ada masa percobaan 3 bulan, yang kalau kandidatnya nggak bisa, bisa diterminate. Tapi mengapa harus diterima 3 bulan kalau memang tidak cocok. Akhirnya, setelah dites, orang ini kemampuan SQLnya hanya di level basic. Kurang dari kualifikasi yang dikatakan.

Maka, akhirnya orang ini saya tolak. Dua alasan penting dia ditolak. Pertama, tidak punya skills. Tapi alasan kedua yang terpenting, integritas dan etikanya bisa jadi masalah. Kelak, orang seperti ini bisa jadi banyak berjanji, atau bagus komunikasinya, tapi tidak punya kemampuan seperti yang dia katakan. Kita di HR, belajar untuk memprediksi perilaku.

Dan sejak itu pula, SOP interview perusahaan diperbaharui. Kali ini, SOP mencantumkan tes skills kalau itu menyangkut ketrampilan yang memang harus dimiliki.

Lesson learned: jangan terima mentah-mentah omongan kandidat kita. Perlu buktikan apakah yang dikatakan, memang sesuai dengan kemampuannya!

Salam Antusias!

Anthony Dio Martin

www.hrexcellency.com

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.