1

Aturan Sosial Tidak Tertulis Dalam Bekerja {Bagian Ke-5}

62. 4 HUKUM EMAS! (1) Lakukan di kantor, apa yang kamu ingin orang lain lakukan padamu. (2) Jangan lakukan, apa yang kamu tidak ingin orang lain lakukan ke kamu. (3) Lakukan apa yang kamu ingin orang lain lakukan ke kamu, meskipun orang lain tidak melakukan ke kamu. (4) Jangan lakukan apa yang kamu tidak orang lain lakukan ke kamu, meskipun ia melakukan ke kamu.

63. Berusahalah selalu datang tepat waktu. Saat masuk kantor. Saat rapat. Saat bikin janji dengan orang. Ini hal kecil, tetapi karaktermu dinilai dari sini. Dan caramu menghargai seseorang, dinilai dari sikapmu soal ketepatan waktumu juga.

64. Don’t look cheap! Jangan menggunakan pakaianmu untuk mengundang perhatian lawan jenismu. Apa yang kamu jual, itulah yang akan dibeli. Karena yang kamu tampilkan adalah fisikmu, orang pun hanya akan perhatian pada sisi itu. Dan akhirnya, orang akan jadi menilai murahan dirimu. Karena orang pikir, hanya itulah yang bisa kamu tawarkan di tempat kerja.

65. Jaga kebersihan ruang kerjamu. Ruang kerja yang bersih, mencerminkan pikiran yang tertata rapih, disiplin dan tidak ceroboh. Jangan samakan dirimu dengan ilmuwan pintar atau boss yang ruang kerjanya sering tampak berantakan di film-film. Pertama, kamu mungkin bukan ilmuwan. Kedua, kamu mungkin bukan bossnya. Lagipula, banyak atasan atau ilmuwan yang rapih kok. Jadi tak ada alasan untuk mengotori tempat kerjamu.

66. Jangan suka mencari-cari alasan, untuk kesalahan ataupun kealpaan yang kamu lakukan. Ingatlah, alasan sebagus apapun, tetaplah alasan!

67. Cara menerima pujian atas prestasi di tempat kerja. Ucapkanlah terima kasih. Tapi jangan lupa, berbagilah pujian itu dengan mengatakan, “Tapi saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada….. yang memungkinkan saya mencapai prestasi ini!”

68. Hargailah yang berbicara di ruang meeting. Simaklah yang sedang bicara. Jangan sibuk dengan gadgetmu atau HP-mu, kecuali memang urgent sekali. Dan kalaupun mau terima call di HP-mu saat meeting, bicaralah di luar ruangan.

69. Setiap kali bicara di ruang meeting atau pertemuan, lakukan dengan singkat, tepat dan padat isi. Baiknya kalau dimulai dengan kesimpulan, barulah latar belakangnya. Bicara di ruang meeting, jangan bertele-tele. Jangan memulai dengan pengantar yang panjang-panjang. Kamu sedang meeting dan pertemuan, bukan sedang menulis skripsi atau tesis.

70. Kalau kamu suka dengarkan musik saat bekerja, gunakanlah headphone. Jangan sampai suara musikmu mengganggu orang lain. Jangan sampai kesenanganmu, menganggu orang lain. Belum tentu, semua orang juga suka dengan apa yang kamu sukai.

71. Kalaupun bossmu itu adalah temanmu, saudaramu ataupun keluargamu, bersikaplah profesional. Jangan gunakan sebutan nama-nama akrab, saat kerja. Tetaplah professional dengan memanggilnya, “Bapak” ataupun “Ibu”.

Share this article:

You might also like this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CONTACT US

Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun kebutuhan di seputar seminar & training, Anda dapat menghubungi Anthony Dio Martin melalui alamat :

Location HR Excellency
  Address
Jl. Tanah Abang V No.32,
Kompleks Ruko Tanah Abang V, Jakarta Pusat 10160.
  Phone
021-3518505 / 021-3862521 (Hunting)
  Whatsapp
085771221352
  Email
info@hrexcellency.com
admartin@indo.net.id
Master Trainer HR Excellency-MWS International, Speaker, Entrepreneur, Author & Media Personality.